Senin, 21 Februari 2011

Profil Kabupaten Nabire


Kabupaten Nabire menjadi bagian dari Provinsi Papua. Terbagi menjadi 9 kecamatan dengan Nabire sebagai ibukota kabupaten. Wilayahnya sendiri berbatasan dengan Teluk Cendrawasih di sebelah utara, Kabupaten Mimika di sebelah selatan, Kabupaten Painai dan Yapen Waropen di sebelah timur dan Kabupaten Manokwari dan Fak-fak di sebelah barat.

Wilayah ini memiliki potensi kekayaan laut yang cukup besar. Luas wilayah pesisir dan lautnya mencapai 7.200 km2 atau lebih separuh dari seluruh luas kabupaten. Dari luas itu, lebih dari 520 km2 dimanfaatkan untuk budidaya tambak dan tumpang sari dengan hutan mangrove. Budidaya ini dapat dijumpai di daerah pesisir Kecamatan Yaur, Wanggar, Nabire, dan Napan. Ikan kerapu juga dibudidayakan di Kecamatan Yaur dan Kepulauan Mamboor.


Sektor pertanian yang juga mencakup perikanan, memegang posisi utama dalam perekonomian Kabupaten Nabire. Komoditas terbesar tanaman bahan makanan berupa ubi jalar. Tanaman ini memang menjadi makanan pokok sebagian besar masyarakat yang tinggal di pegunungan seperti di Kecamatan Kamu, Ikrar dan Mapia. Ubi jalar dapat di olah menjadi tepung sebagai pengganti tepung beras. Hal ini membuka peluang investasi untuk industri pengolahan ubi jalar. Perkebunan juga memberi kontribusi yang tidak sedikit.

Produk unggulan perkebunan adalah kopi. Nabire menjadi penghasil kopi kedua setelah Kabupaten Jayawijaya di Provinsi Papua. Jenis Kopi yang banyak di jumpai di Nabire berasal dari jenis arabika. Sentra perkebunan kopi berada di Kecamatan Kamu, Ikrar dan Mapia. Kopi selain dipakai untuk dikonsumsi lokal, tapi juga dipasarkan ke Surabaya, Makassar dan Manado. Rasa dan aroma yang khas menjadikan kopi bubuk arabika dari Nabire memiliki pangsa pasar tersendiri.

Seperti halnya kabupaten tetangganya, Mimika, Nabire juga mempunyai potensi pertambangan. Kontribusi pertambangan bagi perekonomian Nabire menjadi peringkat kedua setelah pertanian. Terdapat tambang emas di Kecamatan Uwapa. Selain itu masih ada bahan galian golongan C seperti marmer, pasir kuarsa, kaolin, dan batu gamping.

Satu lagi kekayaan kabupaten ini adalah Taman Laut Nasional (TLN) Teluk Cendrawasih. Taman laut ini merupakan taman laut terluas di Indonesia.Teluk Cenderawasih mempunyai potensi besar untuk kegiatan pariwisata khususnya pariwisata bahari. Terumbu karang di teluk ini adalah yang terbaik di Indonesia seteleh terumbu karang di Kepulauan Raja Ampat, Sorong.


Sumber :
http://regionalinvestment.com/newsipid/id/displayprofil.php?ia=9104

Sumber Gambar:
http://images.visitnabire.multiply.multiplycontent.com/attachment/0/SjjTdQoKCDYAAEPZYvI1/PETA%20DISTRIK%20NABIRE.jpg?key=visitnabire:journal:2&nmid=252934987

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar