Senin, 21 Februari 2011

Kabupaten Dogiyai

A. Letak Geografi


Kabupaten Dogiyai adalah kabupaten yang wilayahnya terletak di pegunungan tengah Pulau Papua, memiliki posisi strategis bagi lalu lintas perdagangan dan transportasi antara kabupaten di daerah pesisir dan daerah pegunungan di wilayah Papua. Hal ini karena Kabupaten Dogiyai terletak diantara Kabupaten Nabire dan Kabupaten Paniai.

Kabupaten Dogiyai terletak pada posisi 3o57’ – 4o15’ Lintang Selatan dan 135o20’ – 136o37’ Bujur Timur. Secara administratif batas wilayahnya adalah sebagai berikut:

Sebelah Utara : berbatasan dengan Distrik Siriwo Kabupaten Nabire


Sebelah Selatan : berbatasan dengan Distrik Mimika Barat Kabupaten Mimika
Sebelah Barat : berbatasan dengan Kabupaten Kaimana Provinsi papua Barat dan Distrik Uwapa : Kabupaten Nabire
Sebelah Timur : berbatasan dengan Distrik Paniai Barat Kabupaten Paniai



B. Luas Wilayah

Luas wilayah Kabupaten Dogiyai berdasarkan Undang-undang RI Nomor : 8 Tahun 2008 Tentang Pembentukan Kabupaten Dogiyai di Provinsi papua adalah seluas sebesar ± 4.237,4 Km2 yang semuanya adalah daerah pegunungan dan daratan. Distrik dengan luas wilayah terbesar adalah Distrik Mapia dan distrik dengan luas terkecil adalah Distrik Mapia Tengah.


C. Topografi dan Jenis Tanah

Kabupaten Dogiyai memiliki topografi yang bervariasi mulai dari dataran bergelombang, berbukit dan pegunungan. Wilayah perbukitan dan pegunungan mendominasi hampir 85 persen wilayah Kabupaten Dogiyai dan masih dipenuhi hutan alami.

Berdasarkan perbedaan geomorfologisnya wilayah Kabupaten Dogiyai dapat dikelompokkan menjadi 2 (dua) Zona agrolosistem, yaitu :
Zona ketinggian sedang ± 600 – a500 dpl.
Zona dataran tinggi ± diatas 600 dpl.

Lereng bukit dan daerah pegunungan / dataran tinggi pada umumnya mempunyai jenis tanah Podzolik Merah, Hidromorf Kelabu, Merah sampai kuning.


D. I k l i m

Pada umumnya Kabupaten Dogiyai beriklim tropis basah dengan curah hujan hampir sepanjang tahun. Suhu udara dipengaruhi oleh ketinggian letak dimana setiap kenaikan 100 m dari permukaan air laut mengalami penurunan rata-rata 0,60° C, sehingga dengan topografi yang bervariasi di dataran tinggi maka suhu udara di kabupeten Dogiyai berkisar antara 22,6° C sampai dengan 33,1° C dengan suhu rata-rata pada Tahun 2009 mencapai 27° C.


Sumber :
http://www.dogiyaikab.go.id/index.php/dogiyai/sekilasdogiyai?start=3

Sumber Gambar:
http://egedy-news.blogspot.com/2011/01/masyakat-kabupaten-dogiyai-mewaspadahi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar